Mengenal Manajemen Produksi, Pemasaran, Keuangan, Personalia, Administrasi Perkantoran

Bidang-Bidang Manajemen

1.    Manajemen Produksi


Produksi adalah usaha manusia untuk menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Seperti mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi, atau mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi.

Adapun manajemen produksi adalah suatu kegiatan yang Jilakukan untuk mengatur pemanfaatan atau pengkombinasian faktor-faktor produksi agar menjadi barang yang bemilai guna. Dengan kata lain, manajemen produksi adalah pengaturan kegiatan produksi agar berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang sudali direncanakan.

2. Manajemen Pemasaran


Pemasaran menurut Philip Kotler adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Secara sederhana, pemasaran juga dapat diartikan sebagai kegiatan menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen.
Adapun manajemen pemasaran adalah kegiatan pengaturan proses penyampaian produk dari produsen kepada konsumen agar berjalan secara efektif dan efisien. Sementara Philip Kotler berpendapat bahwa manajemen marketing merupakan anahsis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang dirancang untuk menciptakan, membuat, dan menangani pertukaran yang menguntungkan dengan para pembeli sasaran dengan maksud agar meraih tujuan perusahaan, seperti keuntungan, laju perjualan, dan bagian pasar.

Proses manajemen pemasaran menurut Philip Kotler terdiri atas kegiatan-kegiatan menganalisis kesempatan pasar, memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix yang terdiri atas unsur 4P, yaitu product, price, place, promotion) dan mengelola usaha pemasaran.

3. Manajemen Keuangan


Manajemen keuangan adalah kegiatan pengaturan dalam usaha pencarian dan pemanfaatan dana agar berjalan secara efektif dan efisien. Terdapat dua kegiatan utama yang merupakan fungsi manajemen keuangan, yaitu fungsi mendapatlcan dana, yaitu bagaimaan cara memperoleh dana/modal yang paling tepat dan menguntungkan, dan fungsi menggunakan dana, yaitu bagaimana cara menggunakan dana yang ada secara efektif dan efisien.

4. Manajemen Personalia

Menurut S.P. Hasibuan (2008) manajemen personalia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efesien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

5. Manajemen Administrasi Perkantoran


Menurut G. R. Terry, manajemen administrasi perkantoran adalah perencanaan pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran serta menggerak-kan inereka yang melalcsanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditentukan lebih dulu.

Adapun kegiatan manajemen administrasi, antaralainpengadministrasian seluruh kegiatan, menginventarisasi peralatan kantor, penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen, dan melakukan pengarsipan data sehingga mudah untuk diakses oleh yang membutuhkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mekanisme Transaksi di Pasar Modal, Mekanisme Transaksi di Pasar Perdana, MekanismeTransaksi di Pasar Sekunder

Pengertian Transfer, Safe Deposit Bok, Bank Garansi, Kliring, Bancassurance, Debit Card

Pihak-pihak Yang Terlibat Dalam L/C (Letter of Credit), Pembeli, Penjual, Bank Pembuka, Issuing Bank, Ketentuan Legalitas