Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Menurut J.S., Adam Smith, Abraham Maslow, Hermawan Kartajaya

Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Arti dalam Pengertian Ekonomi, orang Yunani  menyebutnya Oikos yang memiliki makna keluarga atau rumah tangga sedangkan Nomos maknanya adalah aturan sama juga dengan peraturan. Sedangkan menurut istilah bisa diterjemahkan sebagai manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga. Pengertian Ekonomi merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan sosial yang membahas serta mempelajari tentang aktivitas manusia terkait segera dengan distribusi, mengkonsumsi serta produksi pada barang serta layanan.

Pada prinsip pokoknya, permasalahan ekonomi tidak bisa lepas dari manusia sebagai makhluk sosial serta makhluk ekonomi. Jumlah keperluan manusia yang tidak terbatas sedangkan jumlah alat pemuas keperluan manusia tersebut terbatas, hal inilah yang menjadi permasalahan ekonomi. Banyak aspek yang mempengaruhi banyaknya keperluan seorang, keperluan setiap individu berbeda, dengan perbedaan itulah terciptanya kehidupan sosial (saling membutuhkan). 

Aspek-aspek yang mempengaruhi kebutuhan antara lain :
  • Aspek fisik
  • Aspek moral
  • Aspek pendidikan
  • Aspek ekonomi
  • Aspek sosial budaya

Jika kita membahas tentang Pengertian Ekonomi, secara otomatis tentu akan membahas tentang ilmu ekonomi yang mana ilmu ekonomi adalah sebuah pengetahuan kajian yang membahas serta pelajari tentang ekonomi tersebut. Secara umum, pengetahuan ekonomi dibagi menjadi dua yakni pengetahuan ekonomi makro serta pengetahuan ekonomi mikro.

Metodologi dalam Pengertian Ekonomi menggunakan cara kuantitatif yakni ada gerakan uang atau dalam bahasa gaulnya duit digunakann sebagai alat tukar-menukar dalam kehidupan jual beli. Dalam ilmu Ekonomi juga mengkombinasikan antara pengetahuan statistik, pengetahuan matematika dan teori ekonomi.


Dalam kehidupan sehari-hari, ilmu ekonomi diperlukan dalam pengaturan kebutuhan dan keperluan, oleh sebab itu ekonomi adalah salah satu diantara ilmu yang utama dalam kehidupan manusia. Diluar itu, ekonomi sebagai alat untuk mengukur tingkat perkembangan dan kemajuan suatu negara, apakah kondisi ekonomi yang baik atau makin lebih buruk.

Secara umumnya, bisa dikatakan kalau Pengertian Ekonomi yaitu satu bagian kajian ilmu yang berkaitan dengan pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, serta negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia. Oleh sebab itu, ekonomi adalah satu diantara ilmu yang terkait mengenai aksi serta tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berkembang dengan adanya sumber daya yang ada melalui aktivitas mengkonsumsi, produksi serta distribusi.

Pengertian Ekonomi menurut beberapa pakar, yakni seperti berikut :

J. S, ekonomi adalah satu diantara sains praktikal mengenai penagihan serta pengeluaran.

Adam Smith

ekonomi merupakan penyelidikan yang terkait mengenai kondisi serta sebab terdapatnya kekayaan negara.

Abraham Maslow

Pengertian ekonomi adalah satu diantara bagian kajian yang coba merampungkan permasalahan kepentingan azas manusia lewat penggemblengan semua sumber ekonomi yang ada dengan berdasar pada prinsip serta teori dalam sebuah system ekonomi secara efisien serta efektif.

Hermawan Kartajaya

Menurutnya Hermawan Kartajaya ekonomi yaitu basis yang di mana bidang industri menempel diatasnya.

Menurut Paul A. Samuelson, ekonomi adalah sebuah langkah yang dikerjakan manusia serta kelompoknya untuk memakai sumber-sumber yang terbatas untuk peroleh beragam komoditi serta mendistribusikan oleh orang-orang untuk dikonsumsi.

Ilmu Ekonomi adalah satu bagian pengetahuan yang pelajari tentang perilaku manusia yang membuat sebagian pilihan dengan memakai sumber daya terbatas dan mengenai cara-cara ataupun pertimbangan yang baik itu guna memperoleh barang atau layanan sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang condong relatif tidak terbatas. Barang serta layanan juga bakal sesegera mungkin didistribusikan atau diarahkan sebagai mengkonsumsi pada saat ini serta masa mendatang.

Bentuk Analisa Ilmu Ekonomi


Ekonomi Deskriptif, yaitu satu diantara ragam analisa Pengetahuan Ekonomi yang mendeskripsikan tentang kondisi secara riil dalam bentuk perekonomian. Dalam soal ini sebagai peran utamanya yaitu sebagai pengumpul serta penyedia bermacam info dengan cara kenyataan yang relevansi mengenai beberapa masalah ekonomi.

Teori ekonomi yang dijelaskan di sini memperlihatkan pandangan tentang tingkah laku yang berkaitan dengan bentuk pada aktivitas Ilmu Ekonomi dan berbentuk ramalan yang mendalami tentang peristiwa serta momen bila satu kondisi itu yang dipengaruhinya itu mengalami sedikit serta bahkan juga banyak mengalami perubahan.

Sebagai pekerjaan yang utama teori ekonomi yaitu untuk memberi satu ketidaknyataan dari fakta yang berlangsung dalam sebuah perekonomian serta fakta ini mempunyai karakter yang begitu kompleks, oleh sebab itu diperlukan sebuah bentuk kesederhanaan serta keabstrakan yang bisa dilihat serta dituangkan dalam suatu teori.

Ekonomi terapan lebih umum di kenal dengan sebutan ekonomi kebijakan, ekonomi ini ditunjukan lewat pengambilan beberapa rencana dalam teori ekonomi serta mencoba dalam terapannya merujuk pada kebijakan ekonomi, walaupun demikian tetap harus memperhatikan data beserta kenyataannya oleh ekonomi deskritif.


Maksud  dari Kebijakan Pengetahuan Ekonomi, yakni :
  • Wujudkan pencapaian harga yang stabil
  • Menangani bermacam permasalahan pengangguran
  • Membuat perkembangan ekonomi yang melaju pesat
  • Membuat distribusi pendapatan yang stabil serta rata secara keseluruhan

Penggolongan pelaku ekonomi dalam sebuah perekonomian Indonesia, yaitu seperti berikut :

1) Tempat tinggal Tangga Produksi

Rumah tangga produksi ini disebut sebagai perusahaan, yang dimaknai sebagai tempat berlangsungnya kegiatan produksi serta sebagai bentuk organisasi yang didirikan untuk menghasilkan barang atau jasa serta layanan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat umum. Peranan perusahaan tersebut adalah seperti berikut :
  • Dari segi produsen yakni untuk menghasilkan barang serta jasa
  • Dari segi para pemakai aspek produksi yakni untuk memakai aspek produksi.
  • Dari segi mitra pembangunan yaitu untuk mendukung pemerintah dalam melakukan aktivitas pembangunan.
2) Rumah Tangga Konsumsi

Ini merupakan sisi dari pelaku ekonomi yang terkecil. Rumah tangga konsumsi adalah sang pemakai layanan. Aspek konsumsi dari rumah tangga yang akan digunakan untuk perusahaan dalam membuahkan barang atau layanan. Pemakaian barang serta layanan yang sudah dipakai oleh rumah tangga mengkonsumsi ini didapat untuk penuhi keperluan.

3) Pemerintahan

Kepada pihak ini mencakup seluruh instansi atau tubuh pemerintahan baik pusat mauupun daerah yang meliputi tanggung jawab serta peran dalam mengatur perekonomian Indonesia. Pemerintah di sini juga selalu aktif untuk kegiatan ekonomi yang sehubungan dengan adanya perusahaan negara. Sebagai pelaku ekonomi jadi sebagai perannya yakni :

Sebagai pengatur yaitu menerangkan untuk mengatur semua bentuk perekonomian negara hingga bisa membuat ekonomi yang stabil. Dengan begitu orang-orang akan tidak mengalami kerugian. Akibat bertindak sebagai pengatur jadi terdiri jadi dua sisi dalam perekonomian, yaitu Pengatur ekonomi secara langsung serta pengatur ekonomi otomatis.

Dari segi customer bahwa ini memperlihatkan sebagai bentuk dari pemakai (pengguna) kebutuhan akan barang serta layanan dalam menggerakkan pekerjaan.

Dari segi produsen yakni dengan menerangkan sebagai penghasil barang atau layanan yang segera melalui BUMN serta BUMD. Dari segi orang-orang luar negeri ini tunjukkan kalau peranannya yaitu untuk pertukaran tenaga kerja, sebagai bentuk perdagangan, penanaman modal serta sebagai pemberi utang atau pertolongan.

Postingan populer dari blog ini

Mekanisme Transaksi di Pasar Modal, Mekanisme Transaksi di Pasar Perdana, MekanismeTransaksi di Pasar Sekunder

Pihak-pihak Yang Terlibat Dalam L/C (Letter of Credit), Pembeli, Penjual, Bank Pembuka, Issuing Bank, Ketentuan Legalitas

Transaksi Pembayaran Dalam Perdagangan Internasional Dengan Memakai Letter Of Credit (L/C)